Cara Memilih Catering Nasi Kotak

4 Oct 2017

Saat Anda menyelenggarakan suatu acara kantor, acara keluarga, acara piknik, acara amal, acara kampus / sekolah, atau acara buka puasa bersama, yang dihadiri oleh banyak orang, sering kali Anda akan menghadapi kerepotan ketika Anda harus mempersiapkan sendiri seluruh makanan tersebut untuk para tamu yang akan datang.

Untuk itu kebanyakan penyelenggara suatu acara biasanya lebih memilih menggunakan penyedia layanan catering untuk membantu kelancaran acara yang hendak diselenggarakan.

Alasannya, selain karena sudah cukup berpengalaman dalam melayani berbagai acara dengan banyak pengunjung, menggunakan jasa catering tentu bisa lebih efisien karena perhatian Anda tidak harus tercurah untuk hanya mengurusi tentang penyediaan makanan, sehingga Anda bisa fokus memberikan perhatian Anda terhadap kebutuhan-kebutuhan lainnya yang mesti Anda persiapkan untuk acara yang hendak Anda selenggarakan.

Bagi penyelenggara sebuah acara yang menghendaki penyediaan konsumsi makanan yang praktis dan terbilang murah, menyediakan makanan menggunakan kotak makan, atau yang biasa disebut dengan nasi kotak, bisa menjadi sebuah pilihan terbaik.

Menyediakan nasi kotak untuk suatu acara yang dihadiri oleh banyak peserta, selain murah, juga lebih praktis bila dibandingkan dengan menyediakan catering prasmanan, karena nasi kotak tersebut bisa dengan mudah dibagikan kepada para pengunjung acara, mudah dinikmati kapan saja, dan mudah dibawa kemana-mana. Hal ini berguna bila para pengunjung yang hadir tidak ingin secara langsung menikmati konsumsi makanan tersebut pada saat acara sedang berlangsung.

Memilih menu nasi kotak yang cocok dengan acara yang hendak diselenggarakan bisa dibilang gampang-gampang susah, sebab harus memperhatikan banyak faktor. Terlebih bagi beberapa orang yang mempunyai kepercayaan tertentu terhadap makanan dan hubungannya dengan acara yang diselenggarakan, sudah pasti bagi penyelenggara acara harus berkonsultasi terlebih dahulu dengan penyedia jasa catering mengenai beberapa makanan yang menjadi pantangan untuk disajikan.

Jika pengunjung acara Anda mayoritas adalah anak-anak atau lanjut usia, sebaiknya Anda menghindari menyajikan makanan yang pedas, makanan yang rumit yang kemungkinan akan merepotkan pengunjung saat menyantap makanan, misalnya daging, ikan dengan banyak duri, atau ayam yang bertulang. Sebaiknya Anda memilih menu masakan dari daging yang telah diolah, ikan atau ayam villet yang tidak berduri dan tidak bertulang, dan hindari pula makanan yang berminyak atau masakan bersantan.

Sebaiknya Anda juga memberi label menggunakan stempel atau tulisan pada nasi kotak yang dibagikan, misalnya keterangan nasi kotak untuk makan siang atau nasi kotak untuk makan malam. Hal ini berguna jika sewaktu-waktu ada keluhan dari pengunjung mengenai kualitas makanan yang sudah tidak layak konsumsi, sementara makanan tersebut sudah melampaui waktu layak makan yang telah Anda tetapkan.

Bagi penyelenggara acara, memilih jasa catering yang menyediakan nasi kotak yang baik dengan harga murah untuk menangani acara yang hendak Anda selenggarakan pun tak kalah merepotkan. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum memutuskan untuk memilih jasa catering penyedia nasi kotak untuk acara penting Anda. Berikut ini adalah beberapa tips dari kami yang mungkin Anda perlukan untuk memilih jasa catering yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Kemasan Nasi Kotak

Kebanyakan penyedia jasa catering biasanya telah memiliki kemasan kotak kardus dengan desain, logo, dan warna khusus yang mewakili Citra dari perusahaan catering tersebut. Selain sebagai kemasan makanan, biasanya layanan catering menggunakan kemasan kotak kardus ini sebagai media promosi dengan beberapa keterangan seperti nama perusahaan, alamat, nomor telepon, dan ada juga yang mencantumkan alamat website mereka.

Bahan kemasan yang digunakan pun cukup beragam, ada yang memilih menggunakan kemasan kotak dari kardus dengan berbagai ukuran dan bentuk, namun ada juga yang memilih menggunakan kotak makan dari bahan food grade, meskipun masih bisa dibilang sangat jarang.

Sebaiknya Anda tidak memilih penyedia jasa catering yang masih menggunakan kemasan dari bahan styrofoam, sebab, selain kemasan tersebut yang tidak ramah lingkungan, disinyalir penggunaan kemasan styrofoam juga tidak baik bila bersinggungan langsung dengan makanan.

Untuk makanan, sebaiknya Anda memilih jasa catering yang selalu mengemas masakan ketika disajikan, terkecuali bahan kemasan yang digunakan adalah bahan food grade. Selain lebih terjaga kebersihannya, juga untuk menghindari makanan yang berantakan saat pengiriman.

Nasi untuk nasi kotak umumnya dicetak bulat atau kotak dan kemudian dibungkus dengan plastik atau kertas nasi. Meskipun tak semua jasa catering yang melakukan hal ini, namun sebaiknya Anda memilih penyedia layanan catering yang selalu membungkus nasi saat dihidangkan.

Citarasa Masakan

Sebelum memutuskan memilih penyedia jasa catering untuk acara Anda, sebaiknya Anda menyempatkan waktu untuk datang langsung ke tempat penyedia layanan catering yang hendak Anda pilih. Hal ini berguna untuk mengetahui kebersihan, jarak yang akan ditempuh sewaktu pengiriman, dan juga untuk mencoba citarasa masakan dari penyedia layanan catering tersebut.

Anda bisa membawa serta beberapa staff atau rekan kerja saat mengunjungi lokasi suatu penyedia catering untuk meminta pendapat mereka mengenai masakan yang telah Anda bersama coba dan rasakan.

Harga Nasi Kotak

Saat Anda menghubungi salah satu penyedia jasa catering, cobalah diskusikan menu nasi kotak yang cocok dengan kebutuhan Anda, dan cobalah konsultasikan tentang anggaran keuangan yang Anda rencanakan. Sebuah penyedia jasa catering yang baik akan memberikan respon yang ramah dan akan membuka komunikasi yang baik dengan Anda, dan bersedia menjelaskan dengan cermat layanan yang akan mereka berikan.

Jika nasi kotak yang hendak Anda suguhkan dalam jumlah besar, cobalah bekerjasama dengan pihak penyedia catering baik dari segi penentuan harga, sistem pembayaran, dan pihak-pihak yang nantinya akan bertanggungJawab pada saat proses pengiriman.

Guna menghindari kekacauan yang mungkin saja terjadi, sebaiknya Anda memilih penyedia nasi kotak yang memiliki tim kerja yang cekatan dan karyawan yang terampil dalam jumlah memadai untuk melayani pesanan Anda dan telah berpengalaman dalam melayani acara berskala besar dengan kuallitas makanan dan pelayanan yang terbaik.

Cermatlah dalam memilih penyedia catering untuk pesanan nasi kotak Anda, semoga tips dari kami ini bisa membantu kelancaran acara yang hendak Anda selengarakan. Salam!


TAGS catering nasi kotak


-

Author

Follow Me

Search

Recent Post